Musabaqoh Qiro’atul Kutub & Tahfidzul Kutub

Sebanyak 200 orang mengikuti Musobaqoh Qiro’atul Kutub dan Musabaqoh Tahfidzul kutub yang laksanakan langsung oleh kepanitian Mudasmat (musabaqoh dan cerdas cermat) Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ Cianjur pada Senin (12/09/2022).

Kegiatan yang dihelat di lingkungan Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ ini rutin dilaksanakan setiap akhir semester / enam bulan sekali.

Dengan adanya lomba tahfidz, membaca dan memahami kitab kuning ini, menjadi upaya menjaga tradisi keilmuan pesantren.

Panitia ulangan & Mudasmat

Peserta Mudasmat

Menjaga qiroatul kutub adalah salah satu bagian menjaga tradisi warisan pesantren. Tujuan dari menjaga tradisi ini di pondok pesantren Miftahulhuda Al-Musri, adalah sebagai bagian dari menjaga tradisi NU dan Nusantara ini akan tetap terjaga dengan baik.

Dibanding dengan yang ada di Timur Tengah, sekarang ini banyak sekali bermunculan gerakan-gerakan tekstualis yaitu memahami agama hanya dipandang dari bacaan-bacaan tekstual yang tertulis. Padahal dalam mempelajari agama, harus memahaminya baik dari ayat yang tersurat dan tersirat.

melalui lomba Musabaqoh Qiro’atul Kutub (MQK) ini tercetak generasi muda yang mampu menjadi da’i – da’i muda yang bisa mendakwahkan Islam yang Rahmatan Lil’alamin ala Ahlussunah Wal Jama’ah di tengah-tengah masyarakat. Serta mengukir generasi kitab kuning di kalangan generasi muda, yang bersanad sampai ke Rasulullah Muhammad SAW.

 

Pewarta: Dimas Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.