2500 Santri Gelar Tahun Baru Islam

Beragam giat masyarakat mewarnai peringatan tahun baru 1444 Hijriyah. Di antaranya seperti yang dilakukan para santriyin dan juga santriyat Pondok Pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ Pusat yang menggelar bermacam macam lomba seperti musik islami, musabaqoh tilawatil qur’an, ceramah, puisi, kaligrafi, drama dan juga adzan,  kamis  ( 11/08/2022 )

Iqbal Samsudin Nur Mahbub, ketua pelaksana acara Gebyar Muharram mengatakan bahwa banyak peristiwa peristiwa yang spesial yang harus kita ketahui.

“Pertama, Nabi Adam as bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya. Atas pertobatan itu, Allah swt menerima tobatnya di hari yang sama.

Kedua, kapal Nabi Nuh pada hari Asyura berlabuh di bukit Zuhdi dengan selamat. Perlabuhannya itu berhasil setelah melalui banjir bandang yang melanda dunia saat itu, dan menghanyutkan hingga membinasakan banyak makhluk.

Ketiga, Nabi Ibrahim as pada hari tersebut selamat dari siksa Raja Namrud. Sebagaimana diketahui, ayah dari Nabi Ismail dan Nabi Ishaq itu disiksa dengan dibakar hidup-hidup oleh raja tersebut.

Keempat, Nabi Yusuf as dibebaskan dari penjara Mesir pada hari Asyura. Fitnah yang dituduhkan kepadanya mengantarkan Nabi yang berparas rupawan itu ke bilik jeruji.

Kelima, Nabi Yunus as pada hari Asyura berhasil keluar dari perut ikan yang melahapnya. Nabi Yunus terjun ke laut setelah merasa bahwa kapal yang ditumpanginya tidak bergerak karena keberadaannya.

Keenam, Nabi Ayyub as disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan. Sebagaimana diketahui, bahwa ia pernah mendapatkan ujian dari Allah swt berupa penyakit kulit yang menimbulkan bau tidak sedap.

Ketujuh, Nabi Musa as dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Nabi Musa dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.”

Juga acara Gebyar Muharram Ini rutin dilakukan setiap tahun oleh Santriyin & santriyat Pondok pesantren Miftahulhuda Al-Musri’ Pusat Cianjur. “Mudah mudahan dengan terselenggaranya Acara Gebyar Muharram ini, syiar tahun baru Islam semakin semarak serta ukhuwah islamiah semakin terjalin.” Ungkapnya.

Pewarta: M. Dimas Pamungkas

One thought on “2500 Santri Gelar Tahun Baru Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.