Syahriahan Alumni, Muqimin dan Muqimat Korda Cianjur Kulon

Pengajian syahriahan merupakan kegiatan program pengajian bulanan yang di terapkan di pondok pesantren Miftahulhuda Al-Musri’.

Tidak hanya di Al-Musri Pusat saja namun di setiap pesantren cabang al-Musri termasuk juga Korda (koordinator Daerah) disetiap wilayah yang sudah terbentuk. Contohnya di Korda Cianjur Kulon yang diadakan setiap hari Minggu di akhir bulan Hijriah. 

Kitab yang digunakan yaitu kitab Al-Hikam karya Syaikh Ibnu ‘Athoillah Assakandari dan kitab Minhajul ‘Abidin karya Imam Al-Ghazali. Kegiatan syahriahan di setiap Korda ini dihadiri oleh Alumni, Muqimin dan Muqimat Pondok Pesantren Al-Musri Pusat atau Cabang  yang ada di daerah cangkupan Cianjur Kulon yaitu Kecamatan Cipanas, Kecamatan Pacet, Kecamatan Sukaresmi, dan Kecamatan Cugenang. Juga dihadiri oleh AMPUH (Amanat Sepuh) dari Al-Musri Pusat.

Pengajian Syahriahan yang saat ini diadakan bertepatan Hari/Tanggal Minggu, 5 September 2021 yang bertempat di kediaman salah satu Muqimin Al-Musri Pusat yaitu KH. Deden pimpinan Pondok Pesantren Al-Muthma’innah Beralamat di Kp. Sarampat Cugenang.

Kitab Al-Hikam yang dibawakan oleh Aang Ijang Kamaludin Misbah dan Kitab Minhajul ‘Abidin yang dibawakan oleh Ustad. Kakah Angkrong membuat daya tarik tertentu khususnya untuk Jema’ah Korda Cianjur Kulon yang hadir dengan gaya pengajian yang Interaktif antara Jema’ah dengan pembawa materi kitab.

Pengajian syahriahan yang merupakan Amanat dari Pangersa Alm. Mama KH. Ahmad Faqih (Pendiri Pontren Al-Musri Pusat) harus diadakan oleh setiap Alumni, Muqimin dan Muqimat dengan rasa Khidmah, seperti yang disebutkan oleh Aang Ijang “Walaupun peserta pengajian yang hadir belum maksimal pengajian ini harus tetap berjalan dengan dibarengi rasa khidmah”.

Pondok pesantren AL-Musri Pusat sendiri menghimbau bagi Alumni, Muqimin dan Muqimat yang belum merapat dikegiatan Kordanya masing-masing diharapkan segera merapat di kordanya masing-masing yang mana tujuannya hanya untuk Shilaturrahmi, karena dengan shilaturrahmi akan ada banyak keutamaan atau faidah yang akan didapatkan.


Penulis : Abdul Rohman Alfaqih (Almusri Media)